Cara Ampuh dan Sederhana Melawan Stress


Kehidupan di zaman sekarang ini menuntut segalanya untuk serba modern, serba cepat, serba instan dan serba serentak. Beberapa dari kita bisa menikmatinya, tetapi sebagian dari kita cenderung menjadi cemas, stress, depresi, dan bahkan mengalami tekanan mental yang luar biasa karenanya.

Problem-problem tersebut bisa ditanggulangi dengan beberapa cara seperti menjalani terapi psikologis atau mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Namun sebenarnya ada cara yang sangat sederhana untuk melawan sikap mental yang negatif, yaitu dengan berolahraga dan banyak melakukan aktivitas fisik.

Telah dibuktikan lewat suatu penelitian terhadap para mahasiswa di sebuah universitas di Turki, dimana para mahasiswa yang meluangkan waktunya untuk melakukan ekstrakulikuler olahraga seperti senam, voli, atletik selama 30 menit tiap harinya ternyata memiliki tingkat kecemasan dan depresi yang lebih rendah dibandingkan yang tidak. Dengan kata lain, kesehatan mental mereka yang meluangkan waktu untuk berolahraga jauh lebih baik dan stabil dibandingkan mereka yang hanya belajar atau bekerja saja sehari-harinya.

Jika terapi lewat olahraga tersebut berhasil pada para mahasiswa di Turki, mengapa tidak pada Anda? Sedikit meluangkan waktu untuk jogging di sekitar tempat tinggal Anda sebelum berangkat ke kantor atau main basket bersama teman-teman sekantor Anda sehabis pulang kantor di sore hari merupakan terapi yang sederhana tapi efektif untuk kesehatan mental Anda. Apalagi bila Anda bisa melakukan fitness yang teratur tiap minggunya, maka selain memperkuat mental juga memperkuat otot Anda!

Perbanyak juga aktivitas fisik Anda, misalnya dengan lebih banyak menggunakan tangga daripada lift untuk naik turun di gedung kantor Anda atau berjalan beberapa blok daripada naik angkutan umum! Cara yang mudah untuk melawan stress bukan?

Sumber : www.l-men.com

1 Comment:

  1. Anonim said...
    sesederhana itu kah?

Post a Comment




 

Blog Template by Adam Every. Sponsored by Business Web Hosting Reviews